Kematian adalah musuh manusia. Alkitab menyebut kematian sebagai “musuh terakhir” (I Korintus 15:26). Namun ini adalah musuh yang Anda harus hadapi karena “manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi” (Ibrani 9:27). Karena Anda akan mati, Anda perlu tahu apa yang Alkitab katakan tentang kematian.

Yesus berbicara tentang kematian. Ia berbicara tentang seorang kaya yang mati dan pergi ke Neraka (Lukas 16:19-31). Ia berbicara tentang seorang kaya yang mati dalam tidurnya (Lukas 12:13-21). Ia berbicara kepada orang-orang Farisi bahwa mereka akan mati di dalam dosa-dosa mereka (Yohanes 8:24). Alkitab menjelaskan kepada kita bahwa kematian datang karena dosa. Ketika manusia pertama berdosa kematian menjalar kepada semua keturunannya. Anda dan saya memiliki benih kematian yang telah ada di dalam setiap tubuh kita. Gigi busuk. Rambuk mulai rontok. Kemudian berubah menjadi putih. Mata kita semakin rabun. Sel-sel kanker mulai terbentuk di beberapa bagian tubuh, otot-otot jantung mulai melemah, tekanan darah naik. Saya pernah melihat anak-anak kecil meninggal dunia karena kanker, leukemia, dan berbagai penyakit lainnya. Siapapun Anda, kematian akan menghentikan langkah Anda. “Manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi” (Ibrani 9:27)

Ribuan orang dari segala usia terbunuh setiap tahunnya dalam berbagai peristiwa kecelakaan. Ribuan yang lainnya melakukan bunuh diri. Para arsitek zaman dulu mengikuti aturan ini, “Buatlah semua pintu cukup besar sehingga peti mati dapat melewatinya.”

Jika Anda mati tiba-tiba pada hari-hari yang akan datang, apa yang akan terjadi pada Anda? Akankah Anda dapat berkata seperti Rasul Paulus, “Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan” (Filipi 1:21). Atau akankah Anda pergi ke dalam kekekalan tanpa pengharapan untuk menetap bersama Kristus? Sorga atau Nerakakah yang akan menjadi tujuan Anda? Ini adalah pertanyaan serius, pertanyaan yang paling serius yang Anda harus hadapi, karena “manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi” (Ibrani 9:27).

Yesus telah mati di kayu Salib untuk membayar penuh penghukuman dosa-dosa Anda. Ia telah mencurahkan Darah-Nya untuk menyucikan semua dosa Anda. Ia telah bangkit secara jasmani dari antara orang mati untuk memberikan hidup yang kekal kepada Anda. Namun Anda harus dibuat merasakan dosa Anda, dan kebutuhan Anda akan Kristus. Anda harus berpaling dari jalan hidup Anda yang egois dan penuh dosa. Anda harus menemukan Kristus dalam pertobatan hidup. Jika itu terjadi pada Anda, ada harapan. Jika tidak, Anda tidak memiliki harapan – sama sekali!

Betapa saya berdoa kiranya Anda akan menjadi salah satu dari orang-orang yang Yesus selamatkan dari hidup yang tanpa pengharapan dan kematian tanpa pengharapan. Amin.